Berita Kemenag

Perpusda Kuningan Dukung Program Budaya Baca Sekolah

Kuningan – Untuk mendukung program budaya baca di sekolah, USAID PRIORITAS menggandeng Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (perpusda) Kab. Kuningan. Dukungan tersebut bukan hanya untuk meningkatkan budaya baca, namun juga untuk melatih petugas perpustkaan serta ketua tim pengembang budaya baca di MI Cokroaminoto, (03/08).

Selain budaya baca yang sudah berjalan, perpusda membantu MI Cokromanioto dalam mengelolal tatakelola perpustakaan secara baik dan benar.

”Kegiatan ini merupakan pembinaan rutin terhadap sekolah, baik dasar, menengah maupun atas. Tujuannya adalah melakukan pembinaan secara optimal dalam tatakelola perpustakaan di sekolah. Sehingga sumber daya manusia di sekolah ini bisa dimaksimalkan seoptimal mungkin” ujar Arief Dwisaputra, S.Sos, staf pelaksana Perpusda Kab. Kuningan di sela – sela asistensi kepada pengelola perpustakaan.

Selain memberikan pembekalan kepada petugas pengelola perpustakaan, pihaknya juga mengadakan program perpustkaan keliling, namun untuk hal ini, tidak semua sekolah bisa dikunjungi, ’’program mobil keliling membawa buku perpustakaan dengan tujuan mendekatkan kepada pihak sekolah, sehingga siswa dan guru mengenal adanya perpustakaan daerah ini” papar Arief.

Di tempat yang sama, ketua tim pengembang budaya baca MI Cokroaminoto, Ilah Karmilah, S.Pd, pihaknya merasa terbantu dengan adanya bantuan asistensi dari petugas perpustakaan ini, ”sangat terbantu, terutama dalam mengelola tatakelola manajemen perpustakaan yang baik dan benar, terima kasih perpusda kuningan” ungkap Ilah.

Harapan ke depan, sesuai dengan keinginan kepala MI Cokroaminoto, bahwa pihaknya akan memaksimalkan semua potensi yang untuk menjadi MI teladan. Oleh karena itu dukungan semua pihak menjadi penting dalam rangka mewujudkan madrasah berwawasan, salah satunya melalui program budaya baca. ”kami juga berterima kasih kepada USAID PRIORITAS yang sudah membantu memenuhi bahan bacaan bagi pojok baca maupun perpustkaan, sehingga tidak merasa kekurangan buku” ujar Dra. Tatat Pujiati, kepala MI Cokroaminoto disela – sela kegiatan.

Tatat berharap mobil keliling perpustakaan juga menyempatkan waktunya untuk berkunjung ke MI Cokroaminoto.

Arief Dwisaputra (kiri) sedang menjelaskan tata kelola perpustakaan yang baik dan benar kepada Kepala MI Cokroaminoto (kanan) dan ketua tim pengembang budaya baca (tengah)ASISTENSI – Arief Dwisaputra (kiri) dari perpusda kuningan sedang menjelaskan tata kelola perpustakaan yang baik dan benar kepada Kepala MI Cokroaminoto (kanan) dan ketua tim pengembang budaya baca ilah karmilah, senin (03/08). Posted 05082015
————————————————————————————————–

MTsN MODEL CIGUGUR GELAR “ WISUDA TAHFIDZ JUZ 30”

Dalam upaya meningkatkan kualitas dan pemahaman baca tulis Al Qur’an bagi siswa/siswi, dan lebih jauh membiasakan para siswa untuk membaca dan menghafal Al Qur’an, Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Cigugur meluncurkan program Baca Tulis Al Qur’an (BTQ) pada Kegiatan Belajar Mengajar . Kegiatan yang baru dilaksanakan Tahun Ajaran 2014/2015 telah berhasil melahirkan hafidz/hafidzoh Juz 30 siswa/siswi MTsN Model Cigugur, dan pada hari ini Jum’at 22 Mei 2015 bertempat di Kampus MTsN Model cigugur dilaksanakan Wisuda Tahfidz Juz 30 Angkatan I sebagai hasil program baca tulis Al Qur’an yang telah dilaksanakan selama ini.
Wisuda Tahfidz Juz 30 yang dikukuhkan langsung oleh Kepala Kantor Kemementerian Agama Kab. Kuningan Drs. H. Undang Munawar, M.Pd, dihadiri juga para pejabat Muspika Kecamatan Cigugur, Dewan Guru, dan seluruh komponen MTsN Model Cigugur.

Wisuda Tahfiz-MTsN Cggr

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kuningan Drs. H. Undang Munawar, M.Pd didampingi salah salah seorang Dewan Guru Engkos Kosim Abdullah, M.Pd saat mewisuda siswa/siswi MTsN Cigugur Tahfidz/Tahfidzoh Juz 30, Jum’at 2 Mei 2015.

Drs. H. Undang Munawar dalam sambutan dan arahannya, mengatakan sangat mengapresiasi dan penghargaan atas diselenggarakan program Baca Tulis Qur’an (BTQ) pada Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dan terbukti telah menghasilkan hafidz/hafidzoh wlaupun hanya baru Juz 30, tentunya ini sangat membanggakan khususnya bagi para siswaitu sendiri, guru serta lembaga dan tentunya para orang tuapun pasti sangat bangga melihat putra putrinya berprestasi dan memiliki kemampuhan menghafal Al Qur’an.
Undang menambahkan program ini harus terus dilaksanakan dan secara bertahap tahun berikutnya bisa lebih baik dan para siswa bisa menghapal sampai dua atau tiga Juz, Amiin.

Baliau sangat berharap program BTQ yang telah di MTsN Cigugur bisa diikuti oleh madrasah-madrasah lainnya mulai dari Madrasah Ibtidaiyah, Madrsah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah yang ada di Wilayah Kab. Kuningan khususnya.

Sementara Kepala MTsN Model Cigugur yang pada kesempatan ini disampaikan Drs. Ucen mengatakan bahwa Program ini merupakan angan-angan yang sudah lama terpendam dan baru kali ini pada tahun ajaran 2014/2015 bisa direalisasikan, Alhamdulillah berkat perjuangan dan dukungan semua pihak civitas akademika khususnya Kepala MTsN Cigugur Drs. H. Iman Nuryaman, M.Pd progran ini berjalan lancar dan menghasilkan sesuatu yang sangat bernilai serta membanggakan bagi kita semua yaitu khususnya bisa menghantarkan para siswa membiasakan membaca Al Qur’an dan lebih jauh mempunyai itikad untuk menghafal Al Qur’an.

Pada kesempatan Kepala Kankemenag, Kepala KUA Kec. Cigugur dan Unsur Dewan Guru untuk mengetes langsung kepada para wisudawan, yaitu dengan membacakan sebagian ayat dan dilanjutkan peserta wisudawan baik secara perorangan maupun bersama-sama, dan alhamdulillah hasilnya para wisudawan bisa menjawab semua ujian yang disampaikan dengan lancar dan paseh, amiin.
Penulis Humas Kankemenag Kuningan “ Zaenal Arifin “ (ZZ)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s