Kegiatan Pelatihan Contextual Teaching Learning Modul 2 USAID PRIORITAS Kab. Kuningan

Kuningan – Pelatihan modul 2 yang dilaksanakan oleh USAID PRIORITAS merupakan lanjutan dari pelatihan modul 1. Program kerjasama antara Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga dengan USAID PRIORITAS ini adalah salah satunya untuk meningkatkan mutu kualitas pendidikan yang ada di Kabupaten Kuningan.

Pelatihan tersebut melibatkan 15 orang guru dan 4 kepala sekolah dari SMPN 1 Cilimus, SMPN 2 Cilimus, SMPN 3 Cilimus dan MTsN Sangkanurip, 5 orang perwakilan MGMP Kec. Cilimus serta 2 orang pengawas dari unsur Kemenag dan Dinas Pendidikan.

‘’ Guru – guru SMP/MTs di Kuningan yang dilatih ini merupakan sekolah binaan USAID PRIORITAS, salah satunya agar para guru jangan galau masalah perbedaan kurikulum, Guru jangan terjebak masalah perdebatan kurikulum, yang terpenting bagaimana guru mengajar dengan baik, sehingga tercipta suasana kelas yang efektif dan menyenangkan, sehingga siswa menjadi betah di dalam kelas’’ jelas Drs. Asep Taufik Rohman, selaku Kepala Disdikpora Kab. Kuningan, disela – sela membuka acara kegiatan pelatihan modul 2 Contextual Teaching Learning (CTL) SMP/MTs di Kec. Cilimus (16/03).

Selain melatih guru – guru lebih kreatif dalam kegiatan belajar mengajar, pelatihan ini juga melatih guru untuk merancang skenario pembelajaran yang baik dan berkualitas, sehingga outputnya adalah siswa menjadi lebih percaya diri dalam mempelajari mata pelajaran.

Kadisdik juga menambahkan, ke depan sekolah – sekolah mitra USAID PRIORITAS ini harus mereplikasikan kepada sekolah – sekolah non mitra melalui program diseminasi, hal ini agar sekolah lain juga mendapatkan manfaat yang sama dengan sekolah mitra. .

“Dengan adanya penyebarluasan program ini, sekolah lain mendapatkan manfaat yang sama dengan sekolah mitra, sehingga peningkatan kualitas pendidikan di Kab. Kuningan bisa merata, kami berterima kasih Kab. Kuningan terpilih sebagai mitra USAID PRIORITAS’’ Jelas Taufik.

Di tempat terpisah, Kasie Pendidikan Madrasah Kemenag Kab. Kuningan, Rokhidin, mendukung penuh langkah – langkah fasilitator daerah dari MTs yang akan melaksanakan program diseminasi di setiap madrasah.

‘’kami menyambut baik adanya kegiatan pelatihan di tingkat madrasah, baik MI maupun MTs, Kemenag Kuningan mendukung penuh untuk penyebarluasan program di setiap madrasah yang dilaksanakan oleh fasilitator dari unsur madrasah, kami berterima kasih madrasah sudah dilibatkan oleh USAID PRIORITAS’ jelas Rokhidin.

Selain fokus di pelatihan tingkat sekolah/madrasah, para fasilitator daerah akan melaksanakan pendampingan terhadap sekolah mitra yang sudah dilatih.

Nita Hernawati, fasiliatator daerah dari MTsN Cigugur, mengaku program ini sangat bagus, pihaknya akan melaksanakan program serupa untuk mendiseminasikan di madrasahnya.

“kami para fasilitator daerah akan melaksanakan pendampingan pula terhadap sekolah mitra yang sudah kami latih, sehingga dampaknya jelas dan nyata, salah satu fokus modul 2 adalah budaya baca’’ terang Nita.

Ditempat yang sama, salah seorang peserta pelatihan, Sri Rohmawati dari SMPN 3 Cilimus mengaku senang dilibatkan dalam program pelatihan ini, dirinya mengaku mengikuti pelatihan sangat penting untuk meningkatkan kualitas dirinya.

‘’pelatihan bagi guru sangat bermanfaat, selain untuk meningkatkan kualitas pendidikan, tentunya juga kami mendapatkan skenario – skenario pembelajaran lain yang bisa dikembangkan di sekolahnya’’ pungkasnya.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s