INFORMASI NPSN DAN NISN

Berdasarkan surat Dirjen Pendis Kemenag RI No. Dj.I/PP.00.6/2682/2012, tangal 12 Desember 2012, berikut ini kami sampaikan beberapa informasi sebagai berikut :

1. Setiap lembaga yang menjadi penyelenggara UN harus sudah mempunyai NPSN.
2. Setiap calon peserta UN harus sudah punya NISN, yang hanya akan dikeluarkan bila sekolah/madrasah tempat siswa tersebut belajar sudah mempunyai NPSN (Namun informasi dari Puspendik tanggal 12 Desember 2012, untuk tahun 2013 NISN belum dipersyaratkan untuk UN, yang dipersyaratkan hanya NPSN saja. Peserta UN harus berasal dari sekolah/madrasah yang mempunyai NPSN).
3. Siswa lulusan madrasah yang akan mengikuti Ujian Penerimaan Masuk Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi harus mempunyai NISN dan berasal dari sekolah/madrasah yang mempunyai NPSN.
4. Tahun 2013 seluruh siswa sekolah/madrasah untuk kelas 7, 8, 9 (MTs) dan kelas 10, 11, 12 (MA) harus menginputkan data rapornya, dimana Sistem dan Prosedural pengumpulan data akan diinformasikan lebih lanjut.
5. NPSN dapat dimanfaatkan lebih lanjut oleh lembaga (misal : mengurus penerbitan NISN, penginputan data rapor, akreditasi, dll).

Data NPSN Sekolah/Madrasah dapat dilihat pada http://refsp.data.kemdikbud.go.id.

Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) :
Persyaratan mendapatkan NISN :
1. Siswa terdaftar sebagai peserta didik di madrasah yang mengajukan.
2. Telah diajukan oleh madrasah tempat siswa belajar untuk mendapatkan NISN, dengan telah dimasukannya data individual siswa ke dalam formulir pengajuan NISN.

Prosedur Pengajuan NISN Siswa Madrasah :
1. Madrasah yang mengajukan telah memiliki NPSN (dapat dilihat di http://refsp.data.kemdikbud.go.id).
2. Madrasah dapat mengajukan anak didiknya untuk memperoleh NISN, dengan mengirim data siswa melalui Formulir Pengajuan NISN (format excel) yang dapat diunduh dari Website NISN : http://nisn.data.kemdiknas.go.id/home/formulir
3. Setelah data siswa dimasukan ke dalam format excel, data dikirim ke email Pusat Data dan Statistik Pendidikan (PDSP) dengan alamat : pdsp@kemdikbud.go.id atau nisn_pdsp@yahoo.com
4. PDSP akan memproses NISN
5. PDSP akan memberikan NISNke setiap siswa yang telah diajukan. Pencarian data siswa dan melihat siswa sudah terdaftar atau belum dapat dilihat di : http://nisn.data.kemdikbud.go.id/Siswa/Data
6. Madrasah dapat menerbitkan NISN. Sebaiknya setelah mendapat NISN, setiap anak diberikan kartu NISN yang dilegalisir kepala sekolah (Kartu minimal memuat : Kop Sekolah, foto, nama siswa, nomor induk sekolah, NISN, tandatangan kepala sekolah, cap sekolah, nama kepala sekolah). Kartu ini hanya untuk pegangan siswa apabila lupa NISN nya untuk administrasi sekolahnya.
7. NISN siswa madrasah dapat dipergunakan dalam administrasi siswa lebih lanjut.
8. Setelah NISN tiap siswa diperoleh, madrasah wajib mengupdate data pribadi siswa tersebut pada data individual siswa pada aplikasi EMIS-Web On Line. Dan melaporkan data NISN siswa ke Mapenda.

Demikian kami sampaikan, atas perhatian, kerjasama dan tindaklanjutnya kami ucapkan terimakasih.

Wassalam,

Seksi Mapenda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s